Sabtu, 11 Januari 2014

Cara Mudah Menginstall Java di Linux


    Java tu apa c?pasti bertanya-tanya awalnya,,karena saya pun begitu…namun setelah menginstallnya di Linux saya jadi mengerti apa itu fungsinya. DEngan menginstall Java saya bisa melihat molekul dari aplikasi-aplikasi kimia yang ada di Linux yang dapat bergerak dan berputar-putar…bagus deh pokoknya :)…kalau ga salah saya melihat molekul itu di blog dosen ICT saya…
Setelah kita sudah banyak mempelajari tentang Linux,,aplikasi-aplikasinya,,cara menoprasikan dan menggunakannya…sekarang saya akan menunjukkan bagaimana cara menginstall Java yang mudah….
Langkah pertama yang haru dilakukan adalah,,silahkan anda download di situs oracle jangan lupa untuk memilih versi Linux. Setelah berhasil di download, silahkan ikuti cara-cara di bawah ini :

  • simpan program java yang telah di download di directory home dari user yang ingin menginstall java, disini saya memakai user yang bernama rdp, jadi directory home-nya seperti ini /home/rdp/ .
  • buka console atau terminal untuk mengeksekusi program biner yang telah di download. Ketik command berikut pada layar console : ./jdk-6u10-linux-i586.bin. Sesuaikan versi Java yang anda download. Maka dilayar console akan seperti gambar di bawah ini
  • setelah kita mengeksekusi, maka akan tampil license dari java. Tekan enter terus, jika ingin membaca lengkap license, jika tidak anda bisa menekan tombol q.
  • setelah anda membaca license, maka program biner tersebut akan diekstrak ke dalam directory /home/rdp/.
  • Lalu saatnya kita mengeset PATH, agar program-program biner Java dapat dieksekusi oleh user rdp. Buka text editor yang ada di versi Linux yang anda pakai, semisal : vim, kwrite, kate, pico, joe, mc. Setelah anda buka text editor, ketik command seperti ini : export PATH=$PATH:/home/rdp/jdk1.6.0_10/bin
    sesuaikan versi Java yang anda pakai
  • logout atau restart agar seting PATH yang kita lakukan dapat berfungsi
  • setelah melakukan logout saatnya kita mengetest, apakah PATH yang kita setting benar. Buka console atau terminal, kemudian ketik command : javac –version . Jika seting PATH benar, maka akan memberikan output versi Java yang anda pakai.
Demikian langkah-langkahnya….selamat mencoba,,semoga berhasil

1 komentar: